Grup Band Rock Tertua Di Dunia Berasal Dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
HOME

Grup Band Rock Tertua Di Dunia Berasal Dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur

Sabtu, 10 November 2018, 00:41
Star News INDONESIA,  Sabtu (10 November  2018). JAKARTA - The Tielman Brothers adalah sebuah grup rock tertua didunia yang berasal dari sebuah kota kecil di Indonesia timur. Tepatnya di Kota Kupang, Ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Mereka adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess. 

Musik mereka beraliran Rock n Roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara Musik Etnik Indonesia & Eropa, serta kental dengan Blues Timor. TheTielman Brothers merupakan band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil Tembus ke kancah Internasional pada era 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Eropa. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones.



The Tielman Brothers pernah tampil di Istana Negara membawakan lagu-lagu mereka yang berirama Blues Timor dan Rock n Roll di hadapan  Presiden Soekarno kala itu. Karier rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 pindah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda.




The Tielman Brothers lah yang lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock tersebut sebelum muncul band-band seperti The Beatles dan Rolling Stones. Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur.


Grup Band Rock Tertua didunia The Tielman Brothers adalah sebuah grup band yang berasal dari Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.


Keluarga Tielman kecil saat masih di Kupang, Nusa Tenggara Timur


Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sang frontman, bahkan telah memopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala, menggunakan kaki atau di belakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix,Jimmy Page atau Ritchie Blackmore.



Sejarah

Andy Tielman dan seluruh keluarga asalnya dari Kupang, Pulau Timor. Pada Tahun 1940an sewaktu mereka masih kecil nama band mereka The Timor Blues. Kemudian The Timor Rhythm Brothers dan kemudian menjadi The Tielman Brothers yang mendunia. Perjalanan musik The Tielman Brothers dimulai di Surabaya pada tahun 1945, di mana empat kakak beradik laki-laki dan seorang adik perempuannya, Jane, sering tampil membawakan lagu-lagu dan tarian daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemampuan musik mereka diturunkan dari sang ayah, Herman Tielman, yang adalah seorang kapten tentara KNIL, dan sering bermain musik bersama teman-temannya dirumahnya di Surabaya.


Berawal dari ketertarikan Ponthon untuk memainkan contrabass yang diikuti saudara-saudaranya yang lain. Reggy mempelajari banjo, Loulou mempelajari drum, dan Andy mempelajari gitar. Penampilan pertama mereka pada acara pesta di rumahnya membuat teman-teman ayahnya kagum dengan membawakan lagu-lagu sulit seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag. Sejak saat itu mereka sering tampil di acara-acara pribadi di Surabaya. Tawaran tampil pun berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia. Sampai pada akhirnya pada tahun 1957 mereka sekeluarga memutuskan untuk pindah ke Belanda.



 Personil

Andy Tielman - Vocal - Guitar
Reggy Tielman - Guitar -Banjo- Backing Vocal
Ponthon Tielman - Kontrabass Guitar-Backing Vocal
Loulou (Herman Lawrence) Tielman - Drum vokal
Jane (Janette Loraine) Tielman - Backing Vocal 

Foto Terbaru :

Bagikan ini ke

BAGIKAN INI :

Komentar Anda

TerPopuler